Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat rumah menjadi smart home

Pernahkah anda merasa kesulitan dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah? Atau Anda kerepotan memantau keadaan rumah pada saat berpergian? 

Sekarang anda tidak perlu bingung. Di era modern, itu semua bukanlah suatu masalah lagi. Semua kerepotan rumah, bisa diatasi dengan bantuan teknologi. Benar sekali, teknologi dapat menjadi solusi yang tepat untuk memudahkan pekerjaan manusia pada zaman sekarang ini.

Inilah saatnya memperkenalkan kepada anda smart home. Apakah itu smart home? menurut bahasa, smart home artinya adalah rumah pintar. 

Cara membuat rumah menjadi smart home
Sumber gambar: pexels.com

Jika anda pernah melihat di film-film seseorang mematikan TV, membuka tirai, menyalakan api unggun, hanya dengan memerintahkan melalui suara, maka rumah orang tersebut bisa dikatakan smart home.

Mungkin, dulu Anda hanya bisa melihat itu semua di film-film. Namun, sekarang anda bisa memasang perangkat-perangkat tersebut di rumah Anda.

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara membuat rumah menjadi smart home, alangkah baiknya kita tahu dulu mengenai keunggulan memiliki smart home.

Keunggulan smart home

1. Membuat hidup praktis dan mudah 

Cara membuat rumah menjadi smart home
Sumber gambar: pexels.com

Keunggulan memiliki smart home yang pertama adalah dapat membuat hidup kita praktis dan mudah. 

Bagaimana tidak, kita dapat mematikan lampu tanpa harus beranjak dari tempat duduk, kita dapat menyalakan AC walaupun tidak sedang di rumah dan lain-lain. Itu semua bisa kita kendalikan melalui smartphone kita.

2. Hemat dan efisien 

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa dengan menjadikan rumah smart home, akan menambah biaya saja. 

Jangan salah, dengan menerapkan smart home ternyata juga dapat menghemat uang kita. Contohnya saja, ketika lampu tidak digunakan bisa mati secara otomatis, apabila ruangan sudah cukup dingin maka AC akan otomatis mati dan masih banyak contoh lainnya. 

Hal-hal tersebut yang nantinya akan menghemat listrik sehingga pengeluaran juga berkurang.

3. Dapat mengontrol rumah dari jarak jauh

Dengan keunggulan ini, akan membuat anda tenang pada saat berpergian. Karena anda dapat mengontrol dan memantau keadaan rumah dari jarak jauh, sehingga Anda tidak khawatir mengenai adanya maling atau hal-hal yang membahayakan rumah anda.

4. Meningkatkan keamanan rumah

Keamanan rumah merupakan hal yang sangat penting. Dengan menerapkan sistem smart home kita dapat meningkatkan keamanan rumah.  

Jika ada orang asing masuk rumah anda, jika ada kebakaran atau kebocoran gas maka akan ada peringatan melalui smart phone kita. Dengan begitu keamanan rumah Anda dapat terjamin.

Sangat menarik bukan beberapa keunggulan smart home di atas? Namun, disamping keunggulan pasti ada yang namanya kekurangan. 

Lalu apa kekurangan memiliki rumah smart home? Di bawah adalah penjelasannya. 

Kekurangan membuat rumah menjadi smarthome

1. Harga mahal

Di samping kegunaannya yang sangat menarik. Perangkat-perangkat smart home bisa dikatakan masih memiliki harga yang relatif mahal. Baik itu dari segi pembelian maupun perawatannya.

Tapi tenang, produk smarthome akan terus berkembang dan harganya menjadi lebih terjangkau.

2. Infrastruktur yang belum bagus

Perangkat Smart home ini didukung dengan adanya internet dan listrik yang bagus. Sedangkan di Indonesia 2 hal tersebut masih belum stabil di daerah-daerah tertentu. 

Untuk itu, perlu adanya backup system dan back up supply agar konsep smart home dapat berfungsi dengan baik.

Setelah mengetahui keunggulan dan kekurangan smart home, pasti anda ingin tahu perangkat apa sajakah yang kita perlukan untuk membangun smart home. 

Dibawah merupakan perangkat-perangkat yang anda perlukan untuk memulai membangun Smart home.

4 perangkat awal untuk membangun smart home

1. Kunci pintu berbasis fingerprint

Cara membuat rumah menjadi smart home
Sumber gambar:google.com

Pernahkah anda kehilangan kunci rumah Anda? Atau Anda adalah orang yang suka lupa menaruh kunci rumah? 

Jika hal-hal tersebut terjadi, pasti anda kuatir jika kunci anda ditemukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Bisa-bisa orang yang menemukan kunci tersebut membuka rumah Anda dan menguras barang-barang berharga di dalamnya. 

Kita semua tentunya tidak ingin hal itu terjadi bukan? Namun, sekarang anda tidak perlu kuatir. Karena, di zaman modern ini sudah ditemukan kunci pintu berbasis fingerprint. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu kuatir lagi kunci Anda hilang atau lupa menaruhnya, karena pintu anda sudah berbasis fingerprint. Dimana hanya sidik jari yang sudah terdaftar yang bisa membuka pintu rumah anda. Produk kunci pintu berbasis fingerprint misalnya E-Guard LG 1664, milenix FX-FZ3, Onasis D81, dll.

2. Lampu LED pintar 

Cara membuat rumah menjadi smart home
Sumber gambar:google.com

Perangkat yang kedua adalah lampu LED pintar. Seiring perkembangan zaman, lampu LED akan menjadi lampu hemat energi sebagai penerangan. Keunggulan dari lampu LED pintar berbasis aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi. 

Lampu ini dapat dikendalikan melalui aplikasi. Kita dapat mengganti jutaan warna lampu sesuai dengan keinginan kita. Bahkan, yang paling menarik dari perangkat yang satu ini adalah cahayanya dapat menyesuaikan dengan suasana hati kita. 

Jika kondisi hati sedang senang atau bahagia, maka lampu ini akan menghasilkan warna warna yang cerah. Begitu juga sebaliknya, jika kita sedang marah atau tidak senang maka warnanya akan berubah menjadi merah atau abu gelap. 

Mungkin kedengarannya seperti mustahil, Tapi inilah perkembangan zaman. Dimana teknologi bisa diberikan kecerdasan buatan untuk memudahkan kehidupan manusia. 

Intinya, jika anda ingin menjadikan rumah Anda Smart home maka lampu LED pintar berbasis aplikasi ini merupakan salah satu perangkat yang wajib anda miliki. 

Tersedia banyak sekali produk lampu ini, seperti Durevole(Smart Wifi Bulb), arbit(Smart WiFi LED Bulb), DEN Smart Home(Smart WiFi LED Bulb), Dings(Smart Bulb), Bardi(Bardi Smart Bulb 9W).

3.Google smart speaker 

Cara membuat rumah menjadi smart home
Sumber gambar:google.com

Jika anda pernah melihat di film-film seseorang menutup tirai, menyalakan lampu bahkan menghidupkan televisi hanya dengan perintah suara, maka anda sudah mengetahui fungsi perangkat smart home yang ketiga ini. 

Benar sekali, walaupun ukurannya kecil tapi Google smart speaker ini adalah perangkat yang sangat cerdas. Bagaimana tidak, hanya dengan perintah suara Anda bisa memerintahkan alat-alat di rumah Anda. 

Tentunya, jika alat-alat tersebut berbasis smart home dan sudah dikaitkan dengan Google nest mini speaker ini. Dengan perangkat ini tentunya sangat memanjakan kita untuk melakukan kegiatan-kegiatan di rumah dan bersantai di rumah. 

Ada banyak produk Google smart speaker ini seperti Google nest hub max, appel homepon, Google nest mini smart speaker, dll

4. IP camera untuk keamanan 

Cara membuat rumah menjadi smart home
Sumber gambar:google.com

Tidak bisa dipungkiri lagi di era sekarang ini kamera keamanan merupakan salah satu perangkat yang tidak boleh dilewatkan.

Dengan bantuan alat ini, kita bisa mengetahui keadaan di dalam rumah atau di luar rumah. Tergantung di mana kita menempatkan kameranya. 

Mungkin kamera keamanan yang selama ini anda gunakan adalah CCTV. Namun, seiring perkembangan zaman lahirlah kamera keamanan yang lebih unggul yaitu (IP) internet protocol kamera. 

Lalu apa keunggulan IP camera? Keunggulan dari alat ini yang pertama adalah dapat mengirimkan hasil rekaman video melalui jaringan komputer dan disimpan secara digital. 

Yang kedua, lebih fleksibel jika ingin memberikan kamera tambahan atau sistem lain. 

Yang ketiga, memiliki resolusi night vision dengan kualitas gambar 1080 piksel serta dapat menyiarkan hasil rekaman video secara digital. 

Bagaimana? Sangat menarik bukan keunggulan dari IP camera? Dengan melihat keunggulan-keunggulan di atas maka IP camera merupakan alat yang sangat cocok untuk menjadikan rumah anda sebagai Smart home. Contoh produk IP camera adalah IP camera indoor PTZ, Bardi Smart IP camera, dll.


Setelah membaca ulasan di atas, apakah anda tertarik untuk membangun Smart home?

Jika anda tertarik untuk membangun Smart home, maka tidak perlu berlama-lama lagi, segeralah mulai dari sekarang.

Penjelasan di atas dapat menjadi arahan bagi anda untuk memulai membangun smart home. Selamat mencoba.

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Post a Comment for "Cara membuat rumah menjadi smart home"

Berlangganan via Email